Coto Makassar, Kuliner Khas yang Mendunia

Coto Makassar, Kuliner Khas yang Mendunia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Meskipun Coto Makassar kini mudah ditemukan di mana saja, namun tidak sah jika ke Makassar tanpa menikmati kuliner khas di tempat asalnya. Coto Makassar merupakan salah satu kuliner yang sangat dibanggakan masyarakat kota Makassar dan sudah terkenal di seluruh penjuru Indonesia, bahkan dunia.

Kuliner khas ini sudah ada sejak tahun 1538 M. Diketahui Coto Makassar menggunakan 40 jenis bumbu lokal (rampa patang pulo) dan merupakan hasil asimilasi dengan budaya Cina, dibuktikan dengan jenis sambal tauco yang digunakan. 

Beberapa bumbu yang digunakan untuk mengolah hidangan Coto Makassar terdiri dari kacang tanah, kemiri, bubuk cengkeh, lengkuas, merica, bawang merah dan putih, jintan, ketumbar, jahe, laos, dan berbagai bumbu dapur lainnya yang diolah menggunakan kuali tanah. 

Kunjungi: RM Ranggong Coto Makassar

Tidak hanya membuat perut kenyang dengan kelezatannya, Coto Makassar juga memiliki beberapa khasiat, seperti mampu mengatasi penyakit kurang darah atau anemia, membantu pembentukan sel darah merah, menambah serta menambah kandungan vitamin  A dan B yang dibutuhkan tubuh. Dengan kisaran harga Rp. 10.000 hingga Rp. 30.000, kita sudah bisa menikmati hidangan Coto Makassar  di tempat asalnya yang sangat melegenda ini.

Cita rasa Coto Makassar yang kaya dan menggugah selera, membuat siapapun ingin mencobanya lagi dan lagi. Jangan lewatkan untuk mencicipi hidangan ini jika berkunjung ke Makassar ya!